Throwback: Curug Nangka, Bogor Jawa Barat



curug-nangka-bogor


Throwback: Curug Nangka, Bogor Jawa Barat. Selain ada curug nangka, ternyata lokasinya juga terdapat curug lainnya seperti curug daun dan curug kawung kalau kata masyarakat setempat menyebutnya seperti itu dan bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari Jakarta dan yang ingin menikmati suasana alam.

Anyway waktu itu alhamdulillah ikut diajak saat ada acara ibu-ibu menginap di salah satu lokasi Villa di kawasan kaki bukit Gunung Salak, yang memang dekat dengan lokasi curug nangka. Dan atas rekomendasi warga setempat, bisa ke lokasi curug atau air terjun dengan berjalan kaki tidak jauh dari lokasi penginapan, dan benarlah.. saat itu penasaran dan di suatu pagi mengikuti arah jalan setapak ke arah belakang Villa dan menjumpai hamparan hutan pinus.. kemudian ditarik retribusi oleh warga lokal yang menunggu pos jaga di pintu masuk areal menuju lokasi curug.

Tinggal mengikuti jalan setapak, waktu itu tidak didampingi oleh guide alias mengikuti insting dan hanya mengikuti arah jalan setapak yang cukup curam naik dan turun diantara pepohonan bambu yang rimbun.. sempat takut juga karena takut nyasar, tapi semakin dekat semakin terlihat suara air terjun.. jadi mengikuti hingga lokasi masuknya ternyata itu adalah jalur alternatif.

Memasuki areal wisata, disambut dengan aliran sungai yang cukup deras.. dan tidak terlihat curug nangka nya.. ternyata kita masih harus mengikuti jalan setapak yang terjal namun diantaranya juga banyak pepohonan tinggi yang rimbun, dengan mengikuti para wisatawan yang juga ke lokasi.. dan menyusuri alur sungai hingga menembus hutan seperti petualangan.. saat menyusuri sungai, terlihat airnya sangat bening dan dingin di kaki dan semakin jauh ke dalam suara gemericik air terjunnya semakin terdengar, penuh perjuangan masuk mendekati areal air terjunnya, dan waktu itu aku nekat banget sendirian pergi kesitu karena teman yang lain sudah tidak kuat dan memutuskan untuk menyerah dibelakang dan pulang duluan.

Alhamdulillah sampai di lokasi air terjun, tapi kesulitan untuk mengambil foto karena hanya sendirian, untung sat itu foto tidak apa-apa terkena sedeikit air dan mengambil beberapa foto selfi sebagai kenangan... worth it banget dan nggak sia-sia jalan jauh terjal dan capek, saat ke lokasi air terjun cukup sejuk dengan cipratan embun air dari atas dan sempat bersantai sejenak menikmati derasnya cucuran airnya, hampir mirip seperti Air Terjun Grojogan Sewu yang di Karanganyar.

Setelah cukup puas berada di lokasi curug nangka, kemudian memutuskan untuk kembali pulang mengingat perjalanan pulang sendiri dan harus kembali menyusuri jalan alternatif dari belakang tadi.. agak begidik pas pulang sendiri nya, hingga akhirnya sampai lokasi hutan pinus yang di awal dan di pos depan dan di notice bahwa tadi teman nya sudah terlihat balik duluan. Cepat-cepat beranjak pergi dari situ dan melanjutkan ke Villa tempat penginapan.. alhamdulillah aman.

Itulah sedikit cerita tentang Curug Nangka Bogor, yang lokasinya juga tidak jauh dari The Jungle Bogor yang sebelumnya sudah dee ulas, lain kali kita sambung lagi yaa dear.. XOXO.

No comments:

Post a Comment