Wakatobi Cagar Biosfir Dunia Oleh UNESCO

Wakatobi Cagar Biosfir Dunia Oleh UNESCO
Wakatobi, Sulawesi Tenggara--Salah satu Tourism Indonesia yang ditetapkan sebagai kawasan cagar biosfir dunia oleh UNESCO.

Dari 26 nominasi, terpilih 13 nominasi cagar biosfir baru yang langsung disetujui tanpa syarat, dan salah satunya adalah kawasan Taman Nasional Laut Wakatobi, melalui sidang ICC MAB UNESCO di Paris pada 9-14 Juli 2012.

Tiga alasan yang membuat Unesco menetapkan Wakatobi sebagai pusat cagar biosfir dunia, yakni kearifan lokal masyarakat Wakatobi, kelestarian lingkungan dan kepentingan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.

Masyarakat Wakatobi dinilai sangat menghargai alam sekitar, mempunyai keragaman terumbu karang dan biota laut yang tinggi dibandingkan dengan kawasan-kawasan lain yang ada di dunia.

Jumlah spesies terumbu karang di perairan laut Wakatobi mencapai 750 spesies dari 850 spesies terumbu karang dunia.

Artinya kawasan Taman Nasional Laut Wakatobi seluas kurang lebih 1,5 juta hektar, menyimpan potensi sumber daya alam perairan laut, sekitar 90 persen dari total potensi sumber daya kelautan yang ada di seluruh dunia.

Unesco memandang Wakatobi sebagai kawasan yang harus dilindungi karena potensi kekayaan alam yang terkandung di dalamnya, bisa menghidupi jutaan bahkan miliaran penduduk.

Wakatobi--saat ini sedang diperjuangkan menjadi salah satu pusat unggulan cadangan biosfer dunia.
sumber : http://www.antaranews.com/berita/305522/wakatobi-penuhi-syarat-jadi-cagar-biosfir-dunia

Tidak ada komentar: