TIPS Menu Buka Puasa & Sahur | Menu Pilihan Bulan Ramadhan

TIPS Menu Buka Puasa & Sahur | Menu Pilihan Bulan Ramadhan
Hidangan menu buka puasa & sahur di bulan Ramadhan biasanya dibuat lengkap dan istimewa. Hal tersebut menyebabkan kecendrungan sebagian orang makan berlebihan di bulan puasa.

Menu pilihan bulan Ramadhan yang nikmat tanpa memenuhi pola makan sehat dan prinsip gizi seimbang, bisa menyebabkan puasa menjadi keos atau berantakan.

Kalo udah kekenyangan makan, rasa kantuk mudah menyerang dan badan menjadi lemas..lupa tarawih dah hehe. Menu buka puasa dan sahur yang kurang sehat juga bisa membuat kadar kolesterol naik.

Nah, untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan tidak kehilangan stamina selama menjalankan ibadah puasa ramadhan, berikut Tips menu buka puasa & sahur dari Dr. Phaidon L.Toruan, sport nutritionist (Yahoo) :

Waktu Sahur:
- mengutamakan konsumsi air, vitamin, dan elektrolit. Minum air putih, buah-buahan, atau jus buah tanpa gula sangat disarankan namun tidak berlebihan, karena selama puasa tubuh akan kehilangan banyak cairan untuk beraktivitas.

- Dianjurkan memilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spaghetti, bubur kacang hijau dengan gula aren, dll. Jenis karbohidrat tersebut lebih tahan lama dan membuat gula darah stabil.

- Serat juga hendaknya dikonsumsi seperti sayur atau buah, untuk membersihkan usus, dan membantu membersihkan sisa daging di sela usus.

- Menggunakan lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa, dll. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga tahan lapar.

Waktu Berbuka :
- Dahulukan minum atau makan yang manis alami tanpa gula, seperti air kelapa, jus buah, dll. Hindari konsumsi gula pasir secara berlebihan karena bisa memberi dampak kesehatan yang kurang baik

- Konsumsi Karbohidrat kompleks dianjurkan, dan makanan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan makanan gorengan cepat membuat kantuk saat tarawih, karena gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%.

- Konsumsi air putih yang cukup, dll.

Berikut Contoh Menu Pilihan Bulan Ramadhan :
-Nasi merah, soto ayam, sambal minyak zaitun dan buah pisang
- Bubur kacang hijau dengan gula aren, telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur. Buah jeruk

- Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan buah tomat
- Sandwich, roti gandum dengan selai kacang. Telur setengah matang 3 putih dan 1 kuning telur. Buah pepaya.
- Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah, dll.

Apapun menu buka puasa & sahur kita, semuanya disyukuri alhamdulillah.

Tidak ada komentar: