Wisata Pesisir Jakarta | Jalur Wisata Pesisir Utara Jakarta | 12 Destinasi Wisata Pesisir Jakarta

wisata pesisir jakarta | jalur wisata pesisir utara jakarta
Liburan ke luar negeri tentu menarik, namun mal dan daerah luar Jakarta bisa jadi menjanjikan pengalaman dan sensasi spesial untuk menghabiskan liburan panjang anda bersama keluarga.

Lihat aja seperti Festival Kemang 2011 dan Jakarta Fair 2011. Sejumlah obyek wisata di sekeliling kita sesungguhnya menanti untuk dipijak.

Tahun ini, mencuri momen ulang tahun ke 484 kota Jakarta dan musim liburan sekolah, pemerintah kota ingin mempromosikan kembali 12 destinasi wisata pesisir Jakarta yang sebenarnya sejak tiga tahun lalu sudah dicanangkan oleh pemerintah kota Jakarta Utara.

Program bus wisata keliling pesisir kota Jakarta akan diluncurkan pada 19 Juni 2011 bersamaan dengan Festival Olahraga Pesisir di Bahtera Jaya. Bus wisata tersebut bisa mengantarkan para wisatawan secara gratis ke 12 destinasi  tersebut seperti : Taman Impian Jaya Ancol, Pelabuhan Sunda Kelapa, Taman Suaka Margasatwa Muara Angke, Kampung Tugu, Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Islamic Center Koja, Kampung Marunda, dll.

Jalur Wisata Pesisir Utara Jakarta
1. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke : merupakan kawasan hutan mangrove seluas sekitar 25 hektare. Selain wisata alam, hutan sebagai sarana penelitian dan pendidikan serta atribut sosial budaya.
2. Sentra Perikanan Muara Angke
3. Kampung Luar Batang : Kampung ini disebut Javasche Kwartier, dalam peta yang dibuat Van Der Parra tahun 1780. Masyarakatnya didominasi orang Jawa dan memiliki masjid yang dibangun tahun 1739. Jika ke lokasi ini berarti ke luar kota dan harus melewati tanda batas dalam bentuk batang.
4. Kawasan Sunda Kelapa
5. Jakarta Islamic Center Koja
6. Sentra Belanja Pasar Pagi Mangga Dua
7. Taman Impian Jaya Ancol
8. Bahtera Jaya Ancol : Merupakan pusat pembinaan olahraga air yang diharapkan berkembang menjadi taraf Internasional.
9. Stasiun Tanjung Priok : Dibangun 1974, stasiun ini menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok dengan Batavia yang berada di selatan. Alasan pembangunan stasiun ini adalah pada masa lalu wilayah Tanjung Priok sebagian besar berupa hutan dan rawa sehingga dibutuhkan sarana transportasi yang aman pada saat itu [kereta api]. Sempat Tutup tahun 2000, namun statsiun yang memiliki bunker atau jalur bawah tanah ini difungsikan kembali dua tahun lalu.
10. Kampung Tugu : Merupakan kampung Kristen tua [kristen pribumi pada masa hindia belanda] ini memiliki bangunan di antaranya Gereja Tugu serta pusat bahasa dan kesenian. Masyarakat kampung ini adalah keturunan orang-orang berbahasa portugis dari berbagai koloni Portugis di Malaka. Karena letak Kampung Tugu terisolasi oleh daerah sekitarnya, mereka dapat mempertahankan bahasa dan budaya mereka dalam waktu hampir 200 tahun.
11. Kampung Marunda : Kampung nelayan dengan aset, diantaranya Masjid tua Al Alam dan Rumah Si Pitung - "Robin Hood dari Betawi" yang hidup pada abad ke-19.
12. Sentra Belanja dan Kuliner Kelapa Gading

Liburan? ke Pesisir Jakarta ajah. Rekomendasi Tourism Indonesia. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: