Festival Dalang Anak 2011 | Parade Festival Dalang Tingkat Nasional 2011

festival dalang anak 2011 | parade festival dalang tingkat nasional 2011
Festival Dalang Anak 2011 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY (24-25/5/11) di Ndalem Yudhoningratan Yogyakarta, dilaksanakan sebagai seleksi wakil Provinsi DIY untuk mengikuti Parade Festival Dalang Anak Tingkat Nasional 2011 pada 16-19 Juli mendatang.

Festival Dalang Anak Tingkat Provinsi DIY 2011 merupakan kegiatan pengelolaan budaya yang dilakukan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY bekerjasama sama dengan Pepadi Provinsi DIY serta kabupaten/kota se DIY.

Festival Dalang Anak 2011 digunakan sebagai sarana pembinaan, pelestarian dan pengembangan seni pedalangan gaya Yogyakarta serta regenerasi seniman pedalangan terutama anak-anak, dan memacu agar semakin banyak anak muda yang mau belajar pedalangan sehingga kelestarian seni tradisi pedalangan bisa dipertahankan, serta bisa dikembangkan sesuai tuntutan jaman.

Ada 8-11 anak yang mengikuti seleksi dalang Se-DIY, dan yang terpilih sebagai wakil Provinsi DIY menuju Parade Festival Dalang Tingkat Nasional 2011 adalah : Aldi Priambodo dari Kota Yogyakarta yang menampilkan kisah Jabang Tetuko, dan Putra Laksana Tanjung dari Gunung Kidul yang mementaskan lakon Seno Bumbu.

Kenali dan cintai kesenian budaya Indonesia.
Credit : Jogjanews

2 komentar:

Iskaruji dot com mengatakan...

Semoga denga diadakannya Festival Dalang Anak 2011 Provinsi DIY ini bisa meningkatkan motivasi dan keinginan generasi mudah untuk melestarikan Wayang sebagai khasanah budaya Nusantara..Nice Info and happy blogging!

Ayub Adiputra mengatakan...

Wah...jarang banget ada yang beginian hehe... Tapi banyak juga sih yang kecilnya suka dalang waktu gede malah milih profesi dan berkecimpung dengan Hobby yang lain. Hemmm...semoga makin banyak generasi penerus Dalang-Dalang kita Amin...