Fenomena Gerhana Bulan Total Juni 2011 | Mitos dan Tahayul Gerhana Bulan | Pandangan Islam Terhadap Fenomena Alam Gerhana Bulan

fenomena gerhana bulan total juni 2011 | mitos dan tahayul gerhana bulan | pandangan islam terhadap gerhana bulan
Fenomena Gerhana Bulan Total Juni 2011 dikaitkan dengan Mitos Gerhana Bulan. Bagaimana pandangan islam tentang Gerhana Bulan?

16 Juni 2011 merupakan fenomena alam gerhana bulan terlama sepanjang 100 tahun terakhir karena bertahan dari pukul 01.22 WIB hingga 05.22 WIB.

Orang Arab Quraisy mengaitkan gerhana bulan dengan kejadian-kejadian tertentu, seperti adanya kematian atau kelahiran. Hal tersebut dipercaya secara turun temurun sehingga menjadi keyakinan umum dalam masyarakat.

Di zaman Rasulullah SAW, pernah terjadi gerhana matahari yang bersamaan dengan kematian putranya Ibrahim. Orang-orang pada saat itu menganggap terjadinya gerhana merupakan sebab kematian putra Nabi tersebut.

Pemahaman yang salah tersebut kemudian diluruskan oleh Rasulullah. Gerhana bulan merupakan bentuk keagungan Allah sebagai Maha Pencipta. Rasulullah SAW bersabda dalam Hadits Riwayat Bukhari:


Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat gerhana tersebut, maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.

Namun bagi sebagian orang, fenomena gerhana bulan total Juni 2011 dikaitkan dengan berbagai mitos dan tahayul Gerhana Bulan. Di Indonesia, khususnya orang Jawa menganggap bahwa Batara Kala alias Buto Ijo alias raksasa jahat, yang memakan bulan. Kentongan kemudian dipukul bertalu-talu pada saat gerhana bulan untuk menakut-nakuti dan mengusir Batara Kala.

Credit : Yahoo

Tidak ada komentar: