Fenomena Alam Gerhana Bulan Total 16 Juni 2011 | Gerhana Bulan Total Dilihat Dengan Mata Telanjang

fenomena alam gerhana bulan total 16 juni 2011
Sebelumnya Fenomena hujan meteor sering muncul di langit wilayah Indonesia dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Seperti yang dilansir sejumlah media, gerhana bulan total bisa dilihat di Indonesia 16 Juni nanti.

Fenomena gerhana bulan total akan terjadi pada 16 Juni 2011. Gerhana bulan total ini akan menjadi pemandangan yang sangat menarik karena bisa dilihat dengan mata telanjang.

Fenomena alam Gerhana Bulan Total seperti ini, bisa digunakan untuk mengukur kualitas atmosfer di atas wilayah di mana kita berdiam, seperti yang diungkapkan Prof. riset bidang astronomi dan astrofisika Lembaga penerbangan dan Antaraiksa Nasional [Lapan] Thomas Djamaluddin.

Jika atmosfernya bersih, mulai dari gerhana bulan sebagian, terlihat batas yang jelas antara bayangan bumi dan permukaan bulan yang sedang purnama itu, namun jika atmosfer tersebut kualitas udaranya jelek, maka saat memasuki gerhana bulan sebagian, bayangan bumi yang seharusnya gelap itu terlihat merah, imbuhnya seperti yang dilansir Detik.com.

Gerhana bulan total akan terjadi pada 16 Juni dini hari. Diperkirakan, gerhana bulan sebagian akan dimulai pada pukul 01.23 WIB sampai 05.02 WIB, dan gerhana bulan total akan mulai terlihat pukul 02.22 WIB sampai pukul 04.03 WIB. Gerhana bulan total tersebut bisa dilihat dengan mata telanjang di seluruh wilayah Indonesia.

Fenomena alam Gerhana Bulan Total yang sama juga akan terjadi pada 10 Desember 2011. diperkirakan terjadi selepas isya' atau pukul 19.46 WIB sampai pukul 23.18 WIB. Puncak gerhana bulan total, akan terjadi pada pukul 21.06 WIB hingga pukul 21.57 WIB.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

: siapkan kentongan dan bunyi2an, jangan biarkan RangDa (buto kolo) memakan bulan agar kegelapan berkuasa dan mulai memakan korban... *kayak orang jadoel aja..hahahaha :D
~bulan itu cermin bulat pemberian Tuhan, agar dia memantulkan sinar matahari di bagian bumi yg menjadi malam gelap sehingga ada sedikit cahaya utk keamanan mahluk hidup.. Subhanallah :)