MENGENAL MARTHA GRAHAM | PELOPOR TARIAN MODERN

MENGENAL MARTHA GRAHAM | PELOPOR TARIAN MODERN
Mengenal Martha Graham : ia adalah pelopor tarian modern, seorang penari dan koreografer Amerika yang berpengaruh terhadap seni tari.

Ia dibandingkan dengan seniman setaraf Pablo Picasso dalam seni rupa modern, Stravinsky di seni musik, atau Frank Lloyd Wright di seni arsitektur. Bagaimana dengan seorang Tex Saverio?

Martha Graham menari dan menjadi koreografer selama lebih dari tujuh puluh tahun. Ia adalah penari pertama yang tampil di Gedung Putih, dan menjadi duta budaya dengan melakukan kunjungan ke berbagai negara, juga menerima penghargaan sipil tertinggi Amerika Serikat, yaitu "Presidential Medal of Freedom".

Berbagai gelar kehormatan ia terima, Martha Graham telah menghabiskan seluruh hidupnya dengan tarian dan menjadi penari. W.o.w! Salut, bagaimana tidak.. ia loyal dengan tetap menjadi seorang penari dan melakukan hal yang ia sukai daripada menjadi hal lain yang bukan dirinya. Pastinya ada hal yang menyenangkan dan tidak, hal yang menakutkan dan menantang dalam seni tari koreografi kontemporer-nya. Membayangkan menari di atas panggung dan merasakan harmoni jiwa menyatu dengan setiap gerakan tubuh menjadi suatu karya seni yang menawan, saya jadi ingin menari :D

Tahun 1936 menandai awal dari sebuah era baru tari kontemporer dalam pertunjukannya yang bertajuk "Chronicle". Tarian ini mengusung masalah serius ke panggung secara dramatis, yang dipengaruhi oleh kondisi Wall Street Crash, depresi besar dan perang saudara di Spanyol. Hal tersebut tercermin dalam sifat gelap baik set dan kostum yang digunakan dalam tarian. Sumber : Wiki

Tidak ada komentar: