KISI-KISI SUKSES SNMPTN | TIPS DAN KIAT SUKSES SNMPTN

Apa kisi-kisi sukses SNMPTN [Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri]? Tiap akhir tahun ajaran sekolah, siswa-siswi di Indonesia menjadi tegang alias spot jantung.

Sebagian siswa-siswi SD menjadi tegang ketika akan masuk SMP favorit atau SMP Negeri, dan melihat saingan atau teman masuk sekolah idola mereka.

Yang SMA juga ketar-ketir dan harap-harap cemas ketika akan menjalani tes SNMPTN yang begitu ditakuti bagi sebagian siswa, karena sistem soal menggunakan penalaran dan logika yang levelnya lumayan jauh diatas level SMA.

Berikut kisi-kisi, tips dan kiat sukses SNMPTN :

1. Niat yang kuat dan tekad yang mantap. Jangan sampai kamu setengah-setengah, karena akan menyebabkan usahamu nggak maksimal dan hasil yang akan diraih pun tidak sesuai harapan. Disamping itu, mantapkan juga tujuan.

Maksudnya :D kamu mau kuliah dimana, jurusan apa, fakultas apa, semua sudah harus jelas semenjak awal. Pelajari juga soal-soal tahun sebelumnya, nggak harus beli kok, pinjem aja dari kakak kelas, atau download ebook soal-soal.

Pergunakan dengan baik perkembangan teknologi, dengan internet kita bisa browsing menjelajah mencari kisi-kisi soal SNMPTN, jangan sampai alasan kurang soal atau nggak punya buku, menjadi alibi jika nanti nggak lulus SNMPTN.

Penting! jangan pernah meremehkan hari pertama ujian karena gampang. Gunakan hari pertamamu sebaik mungkin, karena bisa jadi itulah saat terbaik mendulang poin.

2. Ikutan bimbingan belajar atau les. Cara ini penting dan bagus sih untuk menunjang kelulusan kamu, tapi cara ini nggak mutlak. Namun jika punya kemampuan untuk les, les aja. Tapi jika nggak bisa, cari referensi lainnya. Bisa tanya kakak kelas atau adik kelas yang lebih pinter. Yang penting dapet ilmunya.

3. Ikut tryout SNMPTN. Sering-sering aja ikut, karena biasanya yang mengadakan, orang yang sudah bertahun-tahun dan pengalaman dalam soal-soal snmptn dan prediksinya. SO, ikutin aja gak da salahnya, nanti makin lama makin mahir kok.

4. Jangan lupa perbanyak ibadah. Mulailah perbanyak sholat malam,sedekah,puasa,dll untuk yang muslim. Ingat salah satu faktor paling menentukan adalah dekat dengan Tuhan.

5. Penting! berhati-hati dengan masalah teknis yang terlihat sepele, seperti mengisi LJK [jangan sampai LJK kotor, lecek, rusak, terlipat, bahkan basah] Jika itu terjadi hampir dipastikan kamu nggak lulus. Terkadang, hal yang dianggap remeh mampu menjadi masalah besar jika kita tidak mampu menyelesaikannya dengan baik.

6. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah antusiasme tentang calon bakal tempat kuliah kita nantinya. Tanya kakak kelas kita bagaimana suasananya, fasilitasnya, dosennya, dan sarana serta prasarana yang akan menunjang proses pembelajaran kamu di masa kuliah mendatang. Good Luck!

1 komentar:

Tatsuki gazerock mengatakan...

makasih ya tipsnya sangat membantu aku ^^d