10 FILM TERBAIK JACKIE CHAN : JACKIE CHAN TOP 10 MOVIES

10 Film Terbaik Jackie Chan : Jackie Chan Top 10 Movies

1. POLICE STORY
Film yg disutradarai oleh Jackie Chan sendiri, selain sukses di Box Office Asia juga sukses menjadi film terbaik diajang Golden Horse.

Film ini juga sukses merubah imej film-film Hongkong di-era itu yg sangat dominan dengan film-film silat klasik menjadi film yang lebih modern memadukan kungfu dan senjata, dan saking suksesnya film ini, sehingga dibuat sebanyak 4 sekuel

2. RUMBLE IN THE BRONX
Film ini disutradarai oleh Stanley Tong sahabat Jackie Chan, saya menempatkan film ini di posisi ke-2 karena film inilah yang membuka mata sineas dan masyarakat Hollywood yang selama ini memandang sebelah mata film-film diluar Hollywood, terutama Asia. Melalui film inilah nama Jackie Chan bisa menembus Hollywood dan menciptakan peluang untuk aktor-aktor laga HK seperti Jet Li, Chow Yun Fat untuk bisa berkarir dan merambah Hollywood.

3. SNAKE IN THE EAGLE'S SHADOWS
Ini adalah film silat klasik Jackie Chan yang disutradarai oleh Yuen Woo Ping. Melalui film ini Jackie terkenal di perfiliman HK yang sebelumnya sedang lesu sepeninggal Master Bruce Lee. Banyak aktor yang meniru gaya Bruce Lee, dan Jackie pun sempat digadang-gadang sebagai pengganti Bruce Lee lewat film New Fist Of Fury, namun sayang gak laku dipasaran. Melalui film inilah Masterpiece gaya Jackie yang konyol keluar dan menjadi ciri khas beliau.

4. DRUNKEN MASTER
Drunken Master [yg pertama] ini juga disutradarai oleh Yuen Woo Ping, film ini diproduksi pada tahun yg sama dengan SNAKE IN THE EAGLE'S SHADOW.. dan film ini pun sukses luar biasa

5. ARMOUR OF GOD
Ini adalah salah satu film masterpiece Jackie Chan, film yang terinspirasi dari film Indiana Jones. Sukses film ini melahirkan sebuah sekuel yang tidak kalah sukses yaitu ARMOUR OF GOD II atau OPERATION CONDOR [judul yang dipakai ketika diedarkan di Amerika] Bahkan sekuel ke-3 dari film ini rencananya diedarkan tahun 2011 sebagai pencapaian film ke-100 Jackie [judul sementara Chinesse Zodiac]

6. WHEELS ON MEALS
Film ini salah satu dari sekian banyak film Jackie yang berkolaborasi dengan Suheng [kakak seperguruannya] yaitu Sammo Hung dan Sute [adik seperguruannya] yaitu Yuen Biao. Film yang sutradarai oleh Sammo Hung ini shootingnya di Italia. Ending film ini, Jackie berduel dengan Benny "The Jet" Urquidez seorang master beladiri, pertarungan di film ini dipilih sebagai top duel pilihan Jackie sendiri.

7. PROJECT A
Film ini juga hasil kolaborasi trio naga Jackie, Sammo Hung dan Yuen Biao dan disutradarai oleh Jackie Chan, yang  menceritakan tentang proyek penumpasan bajak laut diperairan hongkong dizaman kolonial inggris. Film ini sukses sehingga dibuatkan sekuelnya PROJECT A II aka PROJECT B namun sayang pada sekuelnya Hung dan Biao sudah tidak ikut bermain.

8. DRUNKEN MASTER II
Sekali lagi Jackie berperan sebagai Master Wong Fei Hung yang kocak dan doyan mabok, tidak ada kaitannya film ini dengan Drunken Master I karya Yuen Woo Ping. Film ini juga masuk dalam 100 film terbaik dunia yang pernah dibuat manusia versi salah satu majalah film terkenal dunia.

9. RUSH HOUR TRILOGY
Ini adalah film hollywood pertama Jackie yang diduetkan dengan bintang baru kulit hitam Chris Tucker dan disutradarai oleh Breet Ratner [yang sebenarnya sangat mengidolakan Jackie]. Film ini sangat sukses didunia walaupun bagi sebagian penggemar jackie di HK film ini biasa saja [maklum selera Asia dan Hollywood berbeda].

10. CRIME STORY
Film ini diangkat dari kisah nyata tentang usaha kepolisian HK yang berusaha mengungkapkan kasus penculikas seorang pengusaha. Dalam film ini Jackie berperan serius dan keluar dari pakem aslinya Jackie yang kocak [maklum ini film based on true story].

4 seri petualangan yang tidak masuk dalam daftar diatas : Inspektur Chan Ka Kui dalam film POLICE STORY karena sudah diwakili oleh Police Story yang pertama, adapun ke-4 film tersebut yaitu POLICE STORY 2, POLICE STORY 3 : SUPERCOP, POLICE STORY 4 : FIRST STRIKE dan NEW POLICE STORY [tadinya ini adalah ending dari seluruh film Police Story dimana Chan Ka Kui menikah dengan kekasihnya yang diperankan oleh Maggie Cheung namun sayang karena susahnya mendapatkan tanda tangan MAGGIE CHEUNG yang berperan sbg kekasih Jackie, akhirnya dibuatlah cerita yang berbeda, bukan lagi petualangan Chan Ka Kui].

KARATE KID juga gak kalah seru,,

Film Jackie Chan yang berkesan buat saya adalah hmm... kalau gak salah judulnya GORGEOUS. Jackie berperan sebagai penerus pengusaha pengolahan limbah daur ulang, dan main bareng Shu Qi.

Dan dari sekian banyak Film-film sukses Jackie, yang saya salut adalah ia melakukan stunt dan pengarahan stunts sendiri.. dia benar-benar all out! salut dah.. mau juga diajarin wushu :D Bagaimana 10 Film Terbaik Jackie menurut versi-mu?

1 komentar:

monteirinha mengatakan...

...

Coolllllllllll !!!! ... I like alllllllllll his movies, i watch them every time that's on tv or i rent ...
All the police stories (I, II,... V, ...), Forbidden kingdon (when will be the next one with Jet Li together ?!!), O pequeno grande herĂ³i ( i forgot the name in english :S) ...
Bye ... See you ... :D :D :D